Pages

AKBAR TOUR&TRAVEL. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 08 Mei 2016

10 Tari Bali Yang Akan Memukau Anda Dengan Keindahannya

tari bali

10 Tari Bali yang Akan Memukau Anda dengan Keindahannya

Tidak perlu diragukan lagi, Bali memang sangat terkenal dengan keindahan alam dan juga budayanya. Salah satu budaya yang mampu menjadi magnet para wisatawan adalah ragam tarian Bali yang melegenda sejak jaman dulu. Berikut 10 jenis tari Bali yang terkenal sampai ke mancanegara yang perlu Anda ketahui.
1. Tari Pendet
Tari ini merupakan salah satu tari Bali yang pada awalnya dikenal sebagai tari pemujaan. Tarian yang diciptakan oleh I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng pada tahun 1950 ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, pencipta tari tersebut mengubahnya menjadi tarian ucapan selamat datang pada tahun 1967.
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/36/Tari_Pendet.jpg
2. Tari Panyembrama
Selain tari Pendet, tari yang diciptakan oleh seniman I Nyoman Kaler juga menjadi tarian penyambutan tamu, yang biasanya tamu istimewa. Tarian ini dipentaskan oleh penari-penari wanita secara berkelompok. Gerak tari ini yang melukiskan keramahan serta penghormatan. Ini dilukiskan pada saat bunga-bunga yang ditaburkan penari melambangkan ungkapan selamat datang kepada para tamu dengan gerakan yang penuh kehangatan, kegembiraan, dan penghormatan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_y7VjGTerfQ2LTODT9hA_Ay3yc6JeWzD5ZBwG0givTKJG-UABljjr7yP1ERFhCvq5KVhiaLL2W2M0ZUjjfr-v59HzidOlFijiBuV34iUx7iThaQ1s7nY7cgY87gzlTgssB-ETcF8EGyAc/s800/IMG_4948%2520copy.jpg
3. Tari Janger
Tari yang terkenal dengan iringan kelompok pemuda penyanyi “Kecak” ini menjadi tari pergaulan muda mudi Bali yang diciptakan pada tahun 1930-an. Lagu Janger dinyanyikan secara bersahut-sahutan diiringi gerakan yang sederhana namun ceria dan bersemangat oleh kelompok putri. Berbeda dengan tari Kecak, tari Janger biasanya ditarikan oleh 10 orang secara berpasangan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQQtzGMP_SeBfcAikz5G3H719pghwaSt_HNdn2Wr97Ln18J3n1v45QT2fNwQgGSdjxMAYD7f7W04FcWDLN6TYQ3yuOodGor-eBN4UCxqGhXfX2hOM6Ik5CEiw8U6jCDxOe91NAKnxpzw0/s1600/3211.Indonesia.Bali.Janger.Dance.jpg
4. Tari Kecak
Menceritakan tentang barisan kera membantu Rama melawan Rahwana, tari Kecak yang diciptakan pada tahun 1930-an ini merupakan tarian yang kebanyakan dimainkan oleh laki-laki. Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka sebagai pasukan kera. Karena kisahnya diambil dari cerita Ramayana maka ada penari lain yang memerankan Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sugriwa.
http://2.bp.blogspot.com/-luiSM2aNJJg/VIFzHJ2qKuI/AAAAAAAAAU0/vULG4vtXDHI/s1600/Balinese-bali-kecak-dance-history-sejarah-tari-kecak-bali-1.jpg
5. Tari Legong
Jika Anda menyaksikan seorang penari dengan kipas, Anda sedang menonton tari Legong. Gerak tarian ini terikat oleh gamelan yang mengiringinya yang dinamakan Gamelan Semar Pagulingan. Tarian ini pada mulanya dikembangkan di keraton-keraton Bali pada abad ke-19 paruh kedua.
http://www.aspaba.com/wp-content/uploads/2012/04/Legong-Kuntul-half-body-sm.jpg
6. Tari Barong
Tari Barong merupakan tarian yang menggambarkan pertarungan antara kebajikan dan kebatilan. Wujud kebajikan diperankan oleh Barong (penari dengan kostum binatang berkaki empat), sementara wujud kebatilan dimainkan oleh Rangda (sosok yang menyeramkan dengan dua taring runcing di mulutnya). Ada beberapa jenis Tari Barong yakni Barong Ket, Barong Bangkal (babi), Barong Gajah, Barong Asu (anjing), Barong Brutuk, serta Barong-barongan. Tari Barong memiliki keistimewaan yang terletak pada unsur-unsur komedi dan unsur-unsur mitologis yang membentuk seni pertunjukan.
http://blog.vokamo.com/wp-content/uploads/2015/04/IMG_2836.jpg
7. Tari Rejang
Tari Rejang merupakan jenis tari Bali yang ditarikan secara masal dan sakral sehingga ditarikan oleh gadis-gadis yang masih suci, bahkan sering dilakukan oleh gadis kecil yang berumur enam tahun. Para penari dipimpin oleh seorang pemangku yang menari paling depan. Di belakang pemangku para penari Rejang berderet-deret menari sambil memegang seutas benang yang dibawa oleh pemangku. Iringan gamelannya menggunakan gamelan Semar Pagulingan.
http://www.jendelaberita.com/wp-content/uploads/2015/12/tawur-agung-prambanan-penari-cantik.jpg
8. Tari Baris
Tarian yang tergolong tari sakral ini menjadi pelengkap di suatu upacara keagamaan. Tari Baris merupakan tarian kepahlawanan untuk membuktikan kedewasaan seseorang dalam segi jasmani. Kedewasaan seseorang pria dibuktikan dengan mempertunjukkan kemahiran dalam olah keprajuritan yang biasanya disertai dengan kemahiran dalam memainkan senjata perang.  Ada dua jensi tari Baris yakni Baris Tunggal dan Baris Tombak.
https://c7.staticflickr.com/3/2704/4378509086_e1295b4de6_b.jpg
9. Tari Sanghyang
Selain tari Baris dan Rejang, tari Sanghyang merupakan tarian sakral yang berfungsi sebagai pelengkap upacara untuk mengusir wabah penyakit yang sedang melanda suatu desa atau daerah. Ada satu hal yang sangat menarik dalam kesenian ini, yaitu pemainnya akan mengalami trance pada saat pementasan. Dalam keadaan seperti inilah mereka menari-nari, kadang-kadang di atas bara api dan selanjutnya berkeliling desa untuk mengusir wabah penyakit. Biasanya pertunjukan ini dilakukan pada malam hari sampai tengah malam. Ada beberapa macam Tari Sanghyang yakni Sanghyang Dedari, Sanghyang Dewa, Sanghyang Deling, Sanghyang Dangkluk, Sanghyang Penyalin, Sanghyang Celeng (babi hutan), Sanghyang Memedi, Sanghyang Bungbung, Sanghyang Kidang, Sanghyang Janger, Sanghyang Sengkrong, dan Sanghyang Jaran,
http://www.toyotaindonesiamanufacturing.co.id/imajinesia/files/thumb/34e20764f5d70d4/auto/750/fit
Tari Sanghyang Jaran
10. Tari Topeng
Tari Topeng merupakan tarian yang dimainkan oleh penari dengan mengenakan topeng. Tarian ini biasanya dilakukan oleh penari tunggal atau sekelompok penari laki-laki dalam upacara besar. Tari topeng ada dua jenis yakni Tari Topeng Pajegan dan tari Topeng Wali. Tari topeng pajegan merupakan tarian suci yang ditarikan saat ada upacara tertentu. Sedangkan, tari topeng wali merupakan tarian untuk menghibur dan biasanya bercerita tentang kisah-kisah lama Bali kerajaan tradisional.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3oP4EyiH61H4kW9Ir-LhM11EKvNgToMzaWpdg-GTBSrMba8HxzGxwLZa5WyM1LxsZoEl9U9_kA1cu7aNo053BRsuhE_mKBHam0ihHFj3KIobB138AhGQzGCjLAYV-i83PoO6yPb5zZC6M/s1600/IMG_4440+copy.jpg
Tertarik untuk liburan ke tempat wisata di Bali namun bingung cari paket wisata Bali murah?
Sekarang dengan perkembangan usaha yang kami miliki, kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi customer kami. Nikmati mudahnya fasilitas transaksi pemesanan, respon cepat, fleksibilitas, efisiensi waktu. Tidak perlu ragu dengan transportasi, AKBAR TOUR&TRAVEL adalah solusi yang menyediakan paket tour wisata.
Dengan tampilan baru dan lebih segar, kami siap melayani Anda selama menikmati tour di Bali.
Tunggu apa lagi! Segera isi form untuk pemesanan sekarang juga!
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi: 081219066520 / 081218795111
Follow kami juga di Facebook dan Blogger agar tidak ketinggalan informasi ter-update seputar AKBAR TOUR&TRAVEL smile emoticon
Selamat berlibur!

0 komentar:

Posting Komentar

Jumlah Tamu